Kamis, 12 April 2012

kenaikan bbm

Seperti diberitakan sebelumnya, rapat paripurna DPR yang berlangsung Jumat (30/3/2012) hingga Sabtu dini hari menyetujui opsi penambahan ayat 6a dalam pasal 7 Undang-Undang No.22 Tahun 2011 tentang APBN 2012. Dengan demikian, pemerintah mendapat kewenangan menaikan atau menurunkan harga BBM di saat kondisi tertentu, yakni manakala ada perubahan 15 persen atau lebih rata-rata selama enam bulan terakhir terhadap ICP.
Dalam pasal itu disebutkan pula bahwa kewenangan pemerintah diberikan untuk menetapkan kebijakan pendukung sebagai respon dari penyesuaian harga BBM itu. "Sebenarnya kewenangan pemerintah seperti itu bukan luar biasa, karena otoritas atau kewenangan itu juga berlaku di banyak negara, dan berlaku di Indonesia sejak pemerintahan yang lalu," kata Yudhoyono. 

Pemerintah seharusnya tidak perlu bertele-tele memainkan program konversi pemakaian BBM ke gas atau pembatasan subsidi BBM yang memang sulit dijalankan. Akibatnya banyak kepentingan yang bercampur dalam aksi penolakan kenaikan harga BBM. Sudah terlalu banyak opini yang pro maupun yang menyudutkan pemerintah yang menyebar ke publilk. Ibaratnya sudah banyak minyak yang disiram ke jerami. Di Makassar, mahasiswa bahkan sampai bentrok dengan aparat kepolisian. Seandainya presiden bersikap tegas dan cepat mengambil keputusan, meskipun pahit, tentu akan beda jalan ceritanya.
Kenaikan harga BBM yang akan diputuskan di rapat paripurna DPR sepertinya tidak dapat lagi dibendung. Keinginan pemerintah menaikkan harga Premium ke Rp. 6.000 sudah mendapatkan dukungan bulat dari partai-partai koalisi dalam rapat badan anggaran dua hari lalu. Akan lebih bijak lagi bila pemerintah tidak perlu memberikan respon yang over dosis terhadap aksi massa yang menolak. Tak perlu lagi mengerahkan aparat TNI hanya untuk menghadapi demonstrasi anak negeri sendiri. Bukan zamannya lagi seperti itu.
Sudut pandang ini memang berbeda, artinya bukan sudut pandang yang tidak pro rakyat yang melupakan kenaikan inflasi dan penurunan daya beli masyarakat miskin. Hanya cara kita saja yang berbeda dalam mencintai rakyat dan Indonesia. Kepercayaan terhadap kenaikan harga BBM adalah jalan pahit yang harus diambil demi memecahkan masalah ketahanan energi dan anggaran.
Banyak pihak yang menolak kenaikan harga BBM karena dengan naiknya BBM maka akan meningkatkan pengeluaran masyarakat, bukan hanya BBm saja yang naik tapi harga kebutuhan pokok juga naik, itu yang sangat mencekik masyarakat, karena di Indonesia saja bukan termasuk negara yang maju rakyatnya pun berpenghasilan rendah, jadi kenaikan BBM ini akan terasa sangat berat. tetapi mau bagaimana lagi, harga minya dunia juga naik dan kenaikannya juga tidak bisa di tebak, kalau menurut saya sih yaa pemerintah harus meningkatkan pendapatan rakyat, mensejahterakan rakyat terlebih dahulu jadi jika ada kenaikan seperti ini tidak akan terlalu berat.  menaikan gaji anggota DPR saja bisa, korupsi dimana-mana, menaikan pendapatan saja masa tidak bisa???  kalau kesejahteraan rakyat bisa merata maka negara ini pelan-pelan bisa maju. 

metode penyelesaian konflik manajemen
Berbagai upaya penanganan konflik sangat penting dilakukan, hal ini disebabkan karena setiap jenis perubahan dalam suatu organisasi cenderung mendatangkan konflik. Perubahan institusional yang terjadi, baik direncanakan atau tidak, tidak hanya berdampak pada perubahan struktur dan personalia, tetapi juga berdampak pada terciptanya hubungan pribadi dan organisasional yang berpotensi menimbulkan konflik. Di samping itu, jika konflik tidak ditangani secara baik dan tuntas, maka akan mengganggu keseimbangan sumberdaya, dan menegangkan hubungan antara orang-orang yang terlibat.
Untuk itulah diperlukan upaya untuk mengelola konflik secara serius agar keberlangsungan suatu organisasi tidak terganggu. Berikut metode penyelesaian konflik menurut beberapa tokoh:
menurut stoner, metode dibagi menjadi tiga, yaitu:
1)dominasi dan penguasaan, hal ini dilakukan dengan cara paksaan, perlunakan, penghindaran, dan penentuan melalui suara terbanyak.
 2) kompromi
 3) pemecahan masalah secara menyeluruh
 Konflik yang sudah terjadi juga bisa diselesaikan lewat perundingan. Cara ini dilakukan dengan melakukan dialog terus menerus antar kelompok untuk menemukan suatu penyelesaian maksimum yang menguntungkan kedua belah pihak. Melalui perundingan, kepentingan bersama dipenuhi dan ditentukan penyelesaian yang paling memuaskan.



  Gaya perundingan untuk mengelola konflik dapat dilakukan dengan cara :
 a. pencairan, yaitu dengan melakukan dialog untuk mendapat suatu pengertian
 b. keterbukaan, pihak-pihak yang terlibat bisa jadi tidak terbuka apalagi jika konflik terjadi dalam hal-hal sensitif dan dalam suasana yang emosional
 c. belajar empati, yaitu dengan melihat kondisi dan kecemasan orang lain sehingga didapatkan pengertian baru mengenai orang lain
 d. mencari tema bersama, pihak-pihak yang terlibat dapat dibantu dengan cara mencari tujuan-tujuan bersama
 e. Menghasilkan alternatif, hal ini dilakukan dengan jalan mencari alternatif untuk menyelesaikan persoalan yang diperselisihkan.
 f. Menanggapi berbagai alternatif, setelah ditemukan alternatif-alternatif penyelesaian hendaknya pihak-pihak yang terlibat dalam konflik mempelajari dan memberikan tanggapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar