Selasa, 02 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Masa Kini

Kedudukan bahasa indonesia saat ini semakin terkikis. Mengapa, sebab dapat kita lihat bagaimana penggunaan bahasa oleh para remaja saat ini. Sering kita dengar orang berkata bahwa berbahasa itu yang terpenting adalah lawan berbicara dapat memahami informasi yang kita sampaikan, dan tidak harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sebagaimana yang diatur dalam kamus besar bahasa Indonesia. Banyak orang tidak terlalu memperhatikan bahasa, karena bahasa itu sendiri memang telah melekat pada diri kita sejak kita lahir, sama halnya ketika kita tidak memperhatikan saat kita bernafas. 

Bahasa Indonesia adalah  bahasa yang terpenting di negara kita, karena peranan dari bahasa indonesia itu sendiri bersumber dari ikrar  Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 yang berbunyi “Kami poetera dan poeteri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatuan,bahasa Indonesia.” Dan pada undang-undang dasar 1945 tercantum pasal yang menyatakan bahwa “bahasa negara adalah bahasa indonesia”. Bahasa memang difungsikan sebagai pemersatu untuk berbagai suku di Indonesia. Sampai saat ini bahasa nasional Indonesia memang hanya ada satu, tetapi bahasa di Indonesia banyak sekali hingga ratusan jumlahnya karena setiap suku dari Sabang sampai Merauke memiliki bahasa yang berbeda. Bahkan setiap bahasa memiliki tingkatan lagi seperti halus, sedang, dan kasar ( bahasa Jawa dan Sunda contohnya). Tetapi sayangnya bahasa Indonesia sekarang mulai menyimpang  dari tatanan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena telah terkontaminasi oleh bahasa asing, sehingga Rasa kebanggaan orang indonesia saat ini untuk berbahasa Indonesia semakin lama juga akan semakin memudar. Karena orang-orang semakin melupakan bahasa Indonesia sendiri dan sekarang semakin banyak orang-orang yang belajar bahasa asing. Sebaliknya orang-orang asing semakin banyak yang ingin mempelajari bahasa Indonesia.

Tetapi kita sebagai Bangsa Indonesia yang besar dan memiliki bahasa sendiri harus bangga terhadap Bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa milik Indonesia sendiri, bukan milik negara lain. Jadi kita harus tetap bangga dan tetap menjaga bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Nama: Riana Ismiani
NPM: 15210875
Kelas: 3 EA19
Tugas Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar